Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Amahusu Jadi Pusat Destinasi Wisata Ambon

Amahusu Jadi Pusat Destinasi Wisata Ambon (Foto: sail-world.com).
AMBON, INFO BARU--Untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah yang bertajuk Ambon Manise, Pemerintah Kota Ambon berencana menjadikan Negeri Amahusu Kecamatan Nusaniwe, sebagai salah satu pusat destinasi pariwisata atau disebut daerah tujuan utama pariwisata di Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada sejumlah Wartawan disela-sela kegiatan Welcome Ceremmony Ambon-Darwin Yacht Race yang digelar di bundaran Pattimura Park bersama peserta Yacht Race, Kamis (28/8).

Walikota mengatakan, bukan saja Negeri Amahusu yang memiliki potensi pariwisata, namun negeri-negeri lainnya yang ada di Kecamatan Nusaniwe juga punya potensi pariwisata yang cukup menjanjikan sehingga dapat di jadikan sebagai icon wisata di kota Ambon.

Selain itu, di Amahusu juga terdapat banyak lokasi objek wisata yang sudah didukung beberapa fasilitas umum jasa layanan  seperti perhotelan, pelabuhan pariwisata dan yang terpenting adalah antusias masyarakat Negeri Amahusu dalam memberikan kontribusi bagi pengembangan pariwisata.

“Kalau kita lihat, Negeri Amahusu dan seluruh desa dan negeri di Kecamatan Nusaniwe secara keseluruhan cukup potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu objek tujuan pariwisata utama di kota ini. Objek-objek wisata itu, tidak kalah dengan objek wisata lainnya di Maluku, bahkan jauh lebih bagus dari beberapa objek wisata lainnya di Kabupaten/Kota seindonesia,” puji Walikota.

Menurutnya, ada beragam produk wisata alam dan bahari, pusat kebudayaan, pusat rekreasi pantai, pusat perikanan didukung dengan wisata kuliner disepanjang pantai Air Salobar, Kelurahan Nusaniwe yang memungkinkan kedepan, dapat dikembangkan sebagai sektor pariwisata baru di Kota Ambon.

Olehnya itu, pihaknya akan berusaha keras meningkatkan jaringan kerja (network) yang dapat mempromosikan icon pariwisata tersebut hingga ke manca negara.

Sementara terkait Ambon-Darwin Yacht Race yang digelar setiap tahun, Walikota mengatakan, kegiatan tersebut adalah bagian dari ajang promosi pariwisata kota Ambon.

Diakunya, kegiatan itu sendiri sudah mampu menarik perhatian Kementerian Pariwisata RI sehingga memberikan kontribusi anggaran. “Dengan demikian, saya yakin sungguh kedepan momentum Ambon-Darwin Yacht Race akan terus berkembang hingga menjadi icon nasional,” katanya.

Dia berharap, pemerintah Provinsi Maluku turut berpartisipasi serta dapat memberikan perhatian besar dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerah Amahusu tersebut. Paling tidak dapat berkontribusi dalam membangun sebuah dermaga yang refresentatif serta membangun pula fasilitas pendukung lainnya. (R0L)